Antara Windows, Linux dan Mac OS

Sistem operasi di dominasi oleh 3 OS utama yaitu Windows, MacOS dan Linux. Windows memiliki prosentase jumlah pengguna yang paling besar, sekitar 90% dari pengguna umum/consumer menggunakan keluarga windows, disusul MacOS dengan 8% dan sisanya Linux, Solaris, dll.

Windows

Pertama kali mengenal komputer, saya menggunakan sistem operasi ini. Sampai sekarangpun, saya tetap menggunakan windows. Karena dari awal sudah terbiasa dengan sistem operasi ini, saya lebih suka menggunakan OS ini dibanding dengan yang lain.

Kelebihan yang dimiliki windows diantaranya tampilan GUI yang nyaman, banyak software yang kompatibel dan stabil berjalan di sistem operasi ini, instalasi software/driver yang mudah, jarang ada hardware komputer yang tidak kompatibel, ketersediaan game komersial di platform windows paling banyak dibanding OS lain.

Kelemahan sistem operasi windows adalah sering hang dan rentan virus, harga lisensinya cukup mahal. Dalam hal keamanan, peneliti dan ahli komputer di Amerika mengklaim menemukan kelemahan di dalam software Windows versi apapun. Hal ini memungkinkan DoS (Denial Of Service) menyerang komputer anda dan mengendalikan komputer secara jarak jauh. Bayangkan ketika sang peretas mampu menghidupmatikan komputer anda setiap waktu. Microsoft dikabarkan telah mengetahui hal ini dan akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan kelemahan tersebut. Untuk lengkapnya, mengenai kelemahan ini http://dj-site.blogspot.com/2010/02/kelemahan-sistem-operasi-windows.html

Linux

Open Source yang pernah saya gunakan adalah Linux. Itupun, saya menggunakannya hanya dari live cd untuk mengerjakan beberapa tugas seperti mengenal perintah dasar pada linux dan membuat program dalam bahasa C atau pada saat praktikum tertentu yang dalam materinya membutuhkan sistem operasi ini. Saya belum pernah menginstallnya, karena merasa sudah nyaman dengan windows, malas untuk menginstall program-program yang dibutuhkan ketika harus install ulang.

Kelebihan dari linux adalah lisensinya yang free dan open source, tidak rentan virus dan malware, banyak di manfaatkan dalam jaringan. Sewaktu membuat program dalam bahasa C, tidak perlu menginstall compiler seperti dev-cpp dsb karena sudah terintegrasi dalam linux. Kelebihan lain yang saya dapat dari artikel yang saya baca adalah pengguna memiliki banyak pilihan untuk sistem operasi linux dan menggunakan distro linux yang sesuai selera dan kebutuhannya, kelengkapan software yang dibawa dan siap pakai seperti open office, bebas dimodifikasi dan didistribusikan kembali sesuai kebutuhan

Kekurangan dari linux adalah banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’, paket aplikasi Linux harus di download secara manual, deteksi perangkat keras yang terkadang kurang mendukung karena beberapa vendor perangkat keras yang bersifat tertutup kode sumber perangkat kerasnya. Seandainya bisapun, penggunaan hardware tersebut tidak optimal karena umumnya hardware dikenali sebagai periferal generik, banyaknya istilah teknis karena linux merupakan salah satu keluarga sistem operasi UNIX sehingga terkesan rumit, terlalu teknikal dan susah untuk dipelajari, Linux bukan OS yang baik bagi gamers, dukungan developer game komersial untuk linux sangat minim.

MacOS

Mac OS, yang berarti Macintosh Operating System, atau Sistem Pengoperasi Macintosh, adalah sistem pengoperasi komputer Apple untuk komputer Apple Macintosh. Mac OS merupakan sistem pengoperasian pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafik (Graphical User Interface – GUI).

Macintosh dikembangkan dari BSD yang merupakan salah satu turunan unix. Saya belum pernah menggunakan sistem operasi ini.  Berikut adalah kelebihan dan kekurangan MacOS dari berbagai artikel yang saya baca.

Kelebihan dari Mac OS :

• Tidak mudah terkena virus.

Dirancang dengan security oriented, Mac OS tidak diganggu oleh serangan konstan dari PC virus dan malware. Namun tidak juga akan memperlambat Anda dengan peringatan keamanan konstan dan interupsi lainnya.

• High Performance.

Khususnya pada Mac OS X – dengan prosesor Intel terbaru dan inovasi terbaik lainnya, Mac dapat melakukan semua hal yang hanya dapat dilakukan Mac – dengan kecepatan yang menakjubkan. Mac menyediakan fitur-fitur yang inovatif dan powerfull, seperti fitur dock, time machine, spaces.

• User-friendly

Dengan tampilan GUI yang sangat menarik, menjadikan Mac OS sebagai salah satu OS yang banyak diminati khususnya oleh para graphic designer dan bagi mereka yang baru mempelajari komputer.

• Software

Dukungan vendor software komersial untuk Mac  lebih baik dari pada linux, seperti Adobe, Ms Office tersedia versi Mac, bahkan, Photoshop waktu pertama kali muncul hanya mendukung Mac.

• Hardware

Dukungan produsen hardware terhadap Mac cukup baik, cukup banyak produsen hardware yang menyediakan driver hardware untuk Mac.

Kekurangan dari Mac OS :

Banyak memakan tempat di memory (RAM) saat dijalankan, rata-rata 635mb, dibandingkan dengan windows 7 (550mb) atau kubuntu (280mb). Mac juga termasuk mahal bagi sebagian orang. Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license untuk perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS.

Sumber :

http://tuxlin.wordpress.com/2010/01/10/windows-macos-n-linux-mana-yang-terbaik/

http://dj-site.blogspot.com/2010/02/kelemahan-sistem-operasi-windows.html

http://arrasyid261.blogspot.com/2009/12/kelebihan-dan-kekurangan-linux-2.html

http://rizky07.blog.binusian.org/2009/10/11/analisa-tentang-system-operasi-apple-mac-dan-bagaimana-implementasinya-ke-iphone/

Link perkembangan Sistem Operasi :

http://www.roughlydrafted.com/2007/08/18/sco-linux-and-microsoft-in-the-history-ofos-1990s/

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/ed/LinuxDistroTimeline.png

http://www.freebsdnews.net/2008/07/15/unix-history-family-tree/

http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Microsoft_Windows

http://www.operating-system.org/betriebssystem/_english/bs-macos.htm

http://www.operating-system.org/betriebssystem/_english/os-liste.htm

http://www.operating-system.org/betriebssystem/_english/fa-bsd.htm

http://www.operating-system.org/betriebssystem/_english/bs-openbsd.htm

http://www.operating-system.org/betriebssystem/_english/bs-linux.htm

http://www.operating-system.org/betriebssystem/_english/bs-netbsd.htm

http://www.operating-system.org/betriebssystem/_english/bs-freebsd.htm

http://gie-zone.blogspot.com/2010/04/sejarah-perkembangan-sistem-operasi.html

http://www.personal.kent.edu/~rmuhamma/OpSystems/Myos/osHistory.htm

2 thoughts on “Antara Windows, Linux dan Mac OS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s