bab1&bab2(landasan konseptual sistem informasi akuntansi dan tinjauan menyeluruh proses bisnis)

Bab 1

landasan konseptual sistem informasi akuntansi

 

banyak restoran yang menggunakan nota pesanan penlanggan yang telah di beri nomor terlebih dahulu. Setiap pelayan di berikan nota ini untuk menulis pesanan pelanggan.pelayan di beritahukan untuk tidak membuang satu pun nota pelanggan tersebut,apabila terjadi kesalahan mereka harus membatalkan nota tersebut dan menulis yang baru,setiap hari,seluruh nota yang di batalkan akan di kembalikan ke manajer. Bagaimankah cara kebijakan ini dapat membantu restoran untuk mengembalikan penerimaan kasnya?

Menurut pendapat saya: sebelum restoran di buka ada baiknya untuk mengadakan apel pagi dan menerangkan kepada seluruh karyawan restoran agar dapat meminimalisir kesalahan yangterjadi bahkan bisa menghindar dari segala bentuk kesalahan agar pemasukan dari kas perusahaan tidak terganggu,jika terdapat kesalahan dalam menulis nota maka manager bisa menggunakan sistem subsidi silang agar pemasukan kas restoran dapat stabil.

 

Bagaimana cara lini-lini usaha suatu organisasi mempengaruhi desain SIA organisasi tersebut? Berikan beberapa contoh tentang bagaimana perbedaan antar organisasi tercermin dalam SIA mereka?

Menurut pendapat saya:  setiap desain SIA di setiap organisasi selalu berbeda tergantung dari organisasi atau perusahaan yg memakai SIA tersebut,sebagai contoh dalam perusahaan yang cukup besar biasanya karyawan yang memegang divisi akuntansi memiliki program atau aplikasi yang dapat melaporkan secara langsung laporan keuangan mereka kepada manager kepala langsung jadi informasi jadi lebih transparan dan lebih efisien dan juga menghemat waktu

 

di bioskop ada seorang pegawai yang biasanya bertanggung jawab untuk memberikan karcis dan menerima uang,sementara pegawai lainnya mengumpulkan karcis saat penonton memasuki bioskop.apa alasan kegiatan ini?

Kegiatan ini dimaksudkan untuk di saat penonton membeli karcis maka disaat itu juga sistem komputer bioskop tersebut akan merekam dari jumlah pembelian tiket yangtelah terjual,sementara itu fungsi dari pegawai yang mengumpulkan karcis di saat memasuki bioskop berguna sebagai laporan kepada perusahaan tersebut apakah benar karcis yangterjual sama dengan karcis yang telah di print.

 

Bab 2

tinjauan menyeluruh proses bisnis

 

ollice mace baru saja di tunjuk sebagai controller s.dilley & company,sebuah perusahaan manufaktur milik keluarga yang didirikan 28 tahun lalu.perusahaan ini memproduksi peralatan mobil.keempat divisi operasional utamanya adalah sistem pemanas,pencetakan,pemotongan peralatan kecil, dan perakitan.penjualan tahun lalu dari tiap divisi berkisar antara $150.000 hingga $3.000.000. setiap divisi dari segi fisik dan manajemen berdiri sendiri-sendiri,kecuali dalam hal pengawasan yang secara terus-menerus dilakukan s dilley,pendiri perusahaan tersebut.

Sistem akuntansi di setiap divisi telah berubah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan staf bagian akuntansi nya. Mace adalah kontroler pertama dalam sejarah perusahaan tersebut yang memiliki tanggung jawab atas seluruh manajemen keuangan perusahaanya. Dilley berharap dapat pensiun dalam beberapa tahun kedepan dan menginginkan mace untuk memperbaiki sia sebelum dirinya pensiun agar dapat lebih mudah mengawasi setiap divisi.

Pendapat saya: keinginan dari dilley untuk pensiun dalam beberpa waktu kedepan adalah keputusan yang wajar dan memilih mace untuk mengawasi perusahaanny dalam bidang keuangan dari seluruh ke empat divisi yang dimilik oleh perusaahaan tersebut. Dan mungkin mace akan mengumpulkan seluruh divisi untuk membahas sistem akuntansi informasi dan akan membenahkan sistem tersebut agar seluruh laporan keuangan perusahaan tersebut setiap bulannya akan transparan dan juga bagus

menurut saya mace membentuk ketua dari setiap divisi yang handal dalam bidang akuntansi dan menyuruh mereka untuk membuat sistem baru agar perusaaahaan tersebut menjadi lebih menyatu di setiap divisi nya dan mace sebagai controller akan lebih mudah untuk mengontrol laporan keuangan dari prusahaan yang dia miliki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s